Kamis, 19 April 2012

Mengenal Kode HTML




HTML adalah Hypertext Markup Language, yaitu sebuah bahasa representasi untuk halaman website. Pertama kali dikembangkan di CERN yaitu sebuah laboratorium fisika partikel yang berlokasi di Swiss.

HTML memiliki kelebihan yang mendasar yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman biasa yaitu, adanya hypertext, yaitu link yang dapat menghubungkan antara dokumen satu dengan lainnya.
Justru dengan adanya perbedaan fungsi antara HTML dengan bahasa pemrograman maka keduanya dapat digabungkan untuk membuat situs web yang bagus.

Mengapa kita perlu mengenal HTML ?

Mengenal dan mengetahui kode HTML adalah salah satu usaha agar kita bisa memaksimalkan tampilan website/blog yang kita kelola. Karena, hampir semua dokumen web dibuat dengan kode-kode HTML. Adapun tag-tag yang sering muncul dalam dokumen berekstensi *htm atau *html, yang sering muncul terutama banyak digunakan dalam pembuatan template blog/website adalah sebagai berikut :
  • <html> …… </html>
Sebuah file HTML selalu harus ada dalam pasangan tag di atas. Informasi dalam file HTML ini dibagi dalam dua bagian yaitu :
  1. Header(<head> …</head> yang menyimpan informasi administratif, dan
  2. Body (<body> …</body>) di mana terdapat informasi dokumen yang akan ditampilkan.
Struktur umum dari file HTML adalah seperti di bawah :

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”>
<html>
<head>
<title>Judul HTML</title>
</head>
<body>
<p>Ini adalah body<br>
</p>
</body>
</html>
Lebih jelasnya, coba buka template blog anda kemudian download template-nya. Lalu paste-kan di notepad. Anda akan mendapati tag html seperti yang diatas tertera pada template blog anda.

Tag lain yang umum dipakai dalam sebuah halaman web untuk menciptakan sebuah halaman yang lebih hidup adalah tag-tag yang masuk dalam format tampilan. Di bawah ini adalah contoh tag html dan fungsinya :

  • <b></b> adalah tag yang digunakan untuk membuat huruf tebal.
  • <u></u> adalah tag yang digunakan untuk membuat garis bawah.
  • <i></i> adalah tag yang digunakan untuk membuat huruf miring
  • <blink></blink> adalah tag yang digunakan untuk mengatur tulisan agar berkedip
  • <marquee></marquee> adalah tag yang digunakan untuk mengatur sebuah tulisan yang berjalan
  • <table></table> adalah tag yang digunakan untuk membuat tabel. Namun untuk penggunaannya, ia harus di dukung tag atribut lain agar bisa menampilkan sebuah kotak. Diantara tag atribut yang melekat dalam tag <table> adalah : <tr></tr> yang fungsinya untuk menampilkan baris dalam tabel. Dan, <td></td> adalah untuk menampilkan kolom dalam tabel.
  • <p> adalah tag untuk memisahkan paragraf
  • <hr> adalah tag untuk membuat garis pemisah.
  • <center></center> tag untuk membuat rata tengah.
Untuk saat ini itu dulu, kita akan lanjutkan di posting-posting berikutnya.


Sumber:
http://lulukmarjan.wordpress.com/2012/03/27/mengenal-kode-html/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs