Sabtu, 04 Desember 2010

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Google Mail

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

Kita dapat menggunakan SMTP account yang ada dari para penyedia layanan email gratis (gmail, yahoo, hotmail .dll) untuk mengirimkan pesan kepada seseorang, dengan catatan kita harus mempunyai akun tersebut.

Dengan menggunakan library "System.Web.Mail" yang tersedia di .Net Framework dan SMTP account dari para penyedia layanan email, kita dapat membuat sebuah aplikasi sederhana baik itu Web Based(asp.net) atau pun dekstop application, yang dapat mengirimkan email tanpa perlu kita mengunjungi web site dan login dengan account kita. mungkin aplikasi ini sangat sedikit berguna apabila suatu saat koneksi internet sedang down dan harus mengirim email.
Berikut adalah screen shot potongan code untuk mengatur SMTP account pada code c#:


Contoh screen Shot aplikasinya(klik untuk memperjelas) :


Dengan aplikasi ini memungkinkan kita juga untuk mengirim sebuah file attachment, hehe sungguh membantu saat koneksi internet sedang lemot.

Screen Shot inbox dalam alamat email yang dikirim :



Untuk lebih belajar lebih lanjut tentang penggunan SMTP protocol pada .Net, silahkan download Source code yang telah di sediakan, disini saya menggunakan C# ASP.net dan Visual Studio 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs