Jumat, 21 Januari 2011

Keywords Research! Hati-hati dengan keywords korban seo


Sebagai tambahan artikel sebelumnya tentang bagaimana memilih keywords yang baik, kali ini saya akan coba mengulas bagaimana sebuah keywords bisa menjadi korban seo. Untuk mempermudah, saya langsung ambil contoh kasus yang saya temukan.

Kemaren sudah dibahas kalau lebih baik memilih keywords yang berhubungan dengan apa produk atau jasa yang dicari orang dan bukan terfokus pada nama usaha anda, tentu saja ini tidak sepenuhnya benar. Bagi yang menginginkan situs web yang dimiliki merupakan sumber pengunjung yang akan menjadi sumber customer dan pendapatan ini sangat disarankan. Tetapi bagi perusahaan yang sudah besar atau pribadi yang sudah terkenal dan sedang membangun coorporate image tentu akan lebih sesuai menggunakan nama perusahaan.


Salah satu keywords yang menarik bagi saya dan sudah dioptimasi oleh sangat banyak situs adalah ; “bali-hotels” dan “bali maps“. Kalau melihat hit-nya di tool-tool keywords research, hitnya sangat tinggi. Dari keywords itu dapat kita lihat dua perbandingan :
  • Hotel adalah akomodasi pariwisata yang sangat dibutuhkan orang saat bepergian (kebutuhan primer), sedangkan  “maps” atau peta hanya dibutuhkan sebagai panduan untuk yang belum tahu sebuah lokasi.
  • Hotel merupakan bisnis yang sangat besar jika dibandingkan dengan sebuah peta.
Dari point satu dapat kita simpulkan bahwa keywords hotel akan lebih banyak dicari pada keywords maps.
Perbandingannya dapat kita lihat dalam gambar.

Sedangkan dari point dua dapat kita simpulkan dalam ruang lingkup seo, keywords hotel akan lebih banyak dioptimasi oleh situs-situs hotel, karena dari situ meraka berharap pesanan kamar dari tamu.
Jika diperhatikan, kedua keywords ini paling banyak dibutuhkan oleh orang asing yang bepergian ke “bali” dengan tujuan wisata yang sudah dapat dipastikan nilai konversi pengunjung situs yang sudah dioptimalkan merupakan pengunjung yang dari luar bali atau luar negeri. Tapi dalam tabel di bawah jumlah hits kedua keywords tersebut terlihat aneh !

Dapat dilihat, kedua keywords “bali hotels” dan “bali maps” sudah menjadi korban seo dan yang lebih parah adalah keywords “bali hotel” disebabkan karena banyak situs yang melakukan optimasi pada situs ini. Hits pada keywords yang besar itu bukan berasal dari para calon customer, pelanggan atau calon pengguna jasa. Tapi tidak lebih dari ratusan kali searching dari para webmaster yang mengecek posisi situs mereka di search engine.

Kita sudah tidak dapat lagi menentukan dengan tool apapun berapa sebenarnya customer potensial dengan pemakaian keywords tersebut. Satu lagi dampak buruknya bagi yang berkantong lebih tipis, biaya traffic anda mungkin bukan dari calon customer potensial, tetapi lebih banyak dari saingan-saingan anda.

Apa yang salah? Jawabnya tidak ada!. Dari contoh kasus ini kita hanya perlu lebih teliti dalam menganalisa jumlah hit keywords-keywords yang populer. Dan inilah salah satu manfaat jika anda lebih mengoptimasi pada keywods yang lebih spesifik seperti contohnya “bali cheap hotel” atau “cheap bali vacation package“. Dan tentunya kasus yang sama mungkin terulang lagi.
Sebelum keduluan, kenapa tidak dicoba sekarang.! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs