Jumat, 21 Januari 2011

Pengaruh jumlah halaman terhadap google pagerank


Tulisan ini masih merupakan lanjutan dari tulisan-tulisan tentang google pagerank sebelumnya. Dimana algoritma pagerank memiliki pengaruh terhadap beberapa aspek dalam website yang kita buat. Yang akan saya coba bahas kali ini adalah pengaruh dari jumlah halaman dari sebuah website terhadap google pagerank.
Sebelumnya kembali perlu diperhatikan adalah, pagerank ditentukan untuk setiap halaman akumulasi pagerank berbanding lurus dengan jumlah halaman (dengan catatan website tidak mendapat kontibusi ke/dari halaman lain). Kenapa saya bold dan underline? karena ini variabel penting dari pengaruh konsep jumlah halaman ini dan akan dijelaskan di bawah.


Dari sini dapat disimpulkan setiap penambahan halaman juga akan menambah akumulasi pagerank website tersebut. Untuk nilai per-halaman (bukan akumulasi pagerank) sangat ditentukan oleh struktur link website tersebut.

Contohnya, misalnya struktur hirarki, yang membuat halaman yang paling dalam memiliki link ke halaman diatasnya atau halaman index, sedangkan halaman index tidak memiliki link langsung ke halaman pada hirarki paling dalam, maka google pagerank tertinggi dari website tersebut dapat dipastikan adalah halaman index. Dan secara otomotis halaman dalam hirarki yang paling dalam akan memiliki pagerank yang paling rendah.. (struktur ini baik jika anda bisa dan hanya butuh mengoptimasi halaman index anda)

Kembali pada poin yang digaris-bawahi di atas, sebuah situs, (apalagi yang dalam proses optimasi) sudah pasti sangat membutuhkan ibound link dari situs lain untuk meningkatkan pagerank. Kontribusi pagerank dari inbound link ini akan didistribusikan ke semua halaman web yang anda miliki yang besaran yang didapat tiap halaman kembali ditentukan struktur link website.

Secara kasarnya jika kita mendapat kontribusi dari inbound link sebesar 1 pagerank, nilai itu akan dibagi kesemua halaman website kita, bukan hanya halaman yang menerima inbound link. Dari sini juga dapat kita lihat, setiap penambahan jumlah halaman, akan memperbesar faktor pembagi tersebut. Penurunan kontribusi pagerank dari inbound link berbanding lurus dengan jumlah halaman yang kita tambahkan.

Dengan ini, jangan salah diasumsikan untuk tidak menambahkan halaman website bisnis anda, atau menambah posting pada blog anda. Karena sebuah wesite yang fresh, sering diupdate juga disenangi oleh search engine.
Solusinya adalah, setiap penambahan halaman pada website anda harus juga diusahakan penambahan baclink ke situs anda.

Semakin besar website yang anda miliki semakin banyak backlink yang ada perlukan agar keseluruhan halaman website anda memiliki pagerank yang merata (tidak hanya index yang memiliki pagerank tinggi tetapi halaman lain pagerank-nya sangat rendah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs