Kamis, 13 Januari 2011

Contoh Program C++

a. Mencetak symbol * dengan menggunakan for bersarang

kali ini akan membahas bagaimana mencetak * dengan format manipulasi input output dan penggunaan for untuk mencetak
permasalahan :
bagaimana kita ingin menampilkan output seperti
* * * *
* * *
* *
*
algoritma :
1. mendefinisikan konstanta maxs sebagai batas / syarat perulangan
2. Deklarsai variabel baris dan kolom untuk melakukan perulangan sebagai dasar atau inisialisasi awal untuk melakukan perulangan.
3. Perulangan baris dengan inisialisasi awal baris = 0; syarat perulangan baris <=maxs; dan step perulangan baris+1
4. Dalam perulangan baris terdapat perulangan kolom dengan inisialisasi awal kolom=0; syarat perulangan kolom<=maxs; dan step perulangan kolom+1.
5. proses mencetak dilakukan dalam perulangan kolom dan melakukan Seleksi dengan menggunakan IF apakah kolom mod 2 =1, jika benar maka cetak *, dan jika salah berikan spasi untuk jarak bintang.
6. apabila setelah melakukan perulangan kolom, mulai lagi dengan baris berikutnya.

Listing Program
listbintang
Output Program
bintang
Penjelasan :
1. #include : baris merupakan baris deklarasi header iostream.h yang berfungsi untuk penggunaan fungsi input dan output stream yaitu printf dan scanf
2. #include : berfungsi untuk menampilkan fungsi getch().
3. #include : baris program ini untuk menggunakan fungsi manipulasi input dan output “Tutorial selanjutnya”.
4. #define maxs 7 : baris ini merupakan pendeklarasian konstanta maxs = 7.
5. int kolom,baris; : baris ini merupakan deklarasi variabel kolom dan baris yang akan digunakan untuk mengontrol perulangan.
6. clrscr (); : baris program ini merupakan fungsi dari file header conio.h yang berfungsi untuk membersihkan layar ”clearscreen”.
listfor1
7. baris program diatas merupakan baris perulangan for bersarang yang akan berfungsi untuk mencetak * seperti output diatas misalnya :
* * * *
* * *
* *
*
Ilustrasi
Step I untuk perulangan baris
Nilai awal baris = 0 dan untuk kondisi batas perulangan baris <=maxs yaitu 7 sedangkan step perulangan satu. Apabila kondisi perulangan benar maka perulangan akan dijalankan. Dan akan masuk pada perulangan kedua yaitu untuk mencetak kolom, catatan : ”proses mencetak dilakukan oleh perulangan kolom dan baris hanya berfungsi untuk perpindahan baris, akan dimulai dari proses pencetakan kolom dengan perulangan dan apabila sudah selesai maka akan dilakukan perulangan untuk memindahkan baris. sedangkan if(kolom%2 = 1)berfungsi untuk mengecek apakah kondisi kolom mod(sisa hasil pembagian) 2 sama dengan 1 apabila benar maka cetak * dan apabila salah memberikan spasi atau jarak antara * setelah perulangan kolom ada sintaks cout <<>.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs