Kamis, 13 Januari 2011

Pasang Image pada Judul artikel

Image. Kalau berbicara masalah image/gambar, memang sangat seru dan menyenangkan. Dengan adanya image maka blog kita akan tampil lebih menarik untuk di lihat,walaupun tentusaja apabila berlebihan akan berakibat buruk yaitu blog kita akan susah untuk di aksesoleh para pengunjung karena beban kapasitas data yang berlebihan dan bila itu terjadi maka para pengunjung akan menjadi malas untuk berkunjung. Memang segala sesuatu kalau berlebihan akan berakibat tidak baik, jalan keluarnya ya wajar-wajar saja Re....


Ok sobat, biar ga terlalu banyak berimpropisasi, langsung saja pada topik bahasan. topik yang akan kita bicarakan saat ini yaitu memasang image/gambar pada judul artikel. Artikel ini saya buat bagi yang senang akan pernak-pernik gambar,bagi yang tidak senang, ya sebagai pengetahuan saja lah.

Untuk memasang sebuah image pada judul artikel, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, antara lain :



Langkah pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat image ataupun logo yang di inginkan. jika sobat mahir dalam program grafik & design semisal adobe photoshop ataupun coreldraw, ya tinggal buat saja yang nyentrik. Tapi kalau tidak bisa atau males bisa gunakan layanan di internet, ini sudah saya bahas pada artikel terdahulu, silahkan klik disini untuk membacanya kembali.



Langkah kedua

langkah kedua yaitu sobat harus upload image atau logo tersebut, bisa ke blogger ataupun ke hosting lain. Misalkan biasanya saya menyimpan setiap image yang saya punya di www.Photobucket.com untuk masalah upload gambarpun sudah saya bahas pada postingan yang lalu, kalau mau baca-baca lagi silahkan klik di sini.



Langkah ketiga

langkah ketiga adalah mengatur ukuran dari image tersebut agar sesuai dengan yang di inginkan, karena jika terlalu besar atau terlalu kecil maka tentu saja akan tidak enak dipandang mata. Misalkan saya mempunyai URL image seperti ini :

http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/kupu2.gif

Sebagaimana kita ketahui untuk membuat sebuah image bisa online maka kita tambahkan kode :



Sehingga kodenya akan jadi seperti ini :



dan yang akan tampil adalah image dengan ukuran yang sebenarnya. contoh image tersebut adalah seperti ini :







tentu saja bila kita memajang image sesuai ukuran image yang aslinya, ini menjadi kurang enak di lihat jika di padukan dengan tulisan judul posting. Untuk mengakalinya kita bisa menambahkan beberapa atribut kedalam kode image tersebut, antara lain atribut width="..." untuk lebar, height="..." untuk tinggi, dan border="..." untuk bingkai, dan dalam hal ini yang dipakai adalah border dengan nilai 0 (nol) agar terhindar dari setting template yang memakai nilai border. Saya ambil contoh kode image tadi jadi seperti ini :



sehingga image yang tadi akan berubah jadi seperti ini :







Bagaimana sudah jelaskan cara merubah ukuran gambar? jika sudah, kita beranjak ke langkah selanjutnya.



Langkah keempat

langkah keempat yaitu memasukan kode gambar yang sudah kita modifikasi tadi ke dalam kode template blog milik kita. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Untuk yang memakai template klasik :


Sign in ke blogger dengan id sobat

Klik menu Template

Klik menu Edit HTML

Copy 'n paste seluruh kode HTML ke dalam notepad, ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan pada saat kita melakukan editting kode template

Cari kode berikut pada kode HTML sobat :

<$BlogItemTitle$>

cara yang mudah untuk menemukan kode tersebut adalah : klik menu Edit yang berada bar menu browser lalu klik Find kemudian tuliskan kode diatas tadi lalu klik tombol Find, maka secara otomatis kita akan langsung di bawa ke tulisan kode tadi. Nah kode <$BlogItemTitle$> adalah merupakan kode untuk menampilkan judul postingan, maka kita harus menyimpan kode image yang kita miliki di dekatnya, bisa sebelum atau sesudahnya tergantung dari keinginan kita. Tentunya bila di simpan sebelum kode judul posting maka image pun akan muncul sebelum judul posting, jika di simpan sesudah kode judul posting sudah barang tentu image pun akan muncul sesudah tulisan judul. Saya ambil contoh kode image di simpan sebelum tulisan judul :

  <$BlogItemTitle$>

pemasangn kode    adalah untuk memberi jarak spasi antara image dengan tulisan judul, sebab jika tidak menambahkan kode   maka image dengan tulisan akan bersatu walaupun kode image dengan kode judul di tulis ada jarak spasinya.


Klik tombol Preview untuk melihat perubahan yang dilakukan


Jika sudah OK, klik tombol Save Settings


Selesai


Maka setiap sobat posting artikel, secara otomatis image yang kita pasang tadi akan muncul tanpa harus di tuliskan kembali. Untuk contoh nyata silahkan lihat judul postingan ini.



Untuk yang memakai templat baru :

Catatan awal bagi yang memakai template baru yaitu setiap tag yang kita pakai harus selalu di tutup tidak seperti template klasik, contoh kode gambar yang tadi kita pakai adalah :



kode image tersebut tag nya harus ditutup dengan tag penutup :



Sehingga kode image jadi bertambah menjadi :




Untuk memasukan kode gambar yang sudah di tambahi tag penutup tadi, silahkan ikuti langkah berikut :


Sign in ke blogger dengan id sobat

Klik menu Layout

Klik menu Edit HTML

Klik tulisan Download Full Template

Silahkan save dulu template sobat, ini untuk back up data apabila terjadi kesalahan editting

Beri tanda centang pada kotak disamping tulisan Expand Widget Templates. Sekali lagi jangan lupa beri tanda centang, sebab kalau tidak, nanti tidak akan sesuai dengan langkah selanjutnya

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai

Cari kode berikut pada template sobat :






Sisipkan kode gambar yang kita miliki diantara kode :


dan kode


Sehingga bila di satukan kodenya menjadi :

  



Klik tombol PREVIEW untuk melihat perubahan

bila sudah OK, klik tombol SAVE TEMPLATE

Selesai




Untuk melihat contoh template baru yang memakai image pada judul postingan, silahkan klik di sini :


Bagaimana sudah di coba? mudah-mudahan saja berhasil. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs