Senin, 03 Januari 2011

Cara Membuat Barcode Sendiri

barcode

Kalau kita sering berbelanja di supermarket atau swalayan, biasanya barang-barang di sana sudah ditempeli dengan kode batang atau barcode di bungkusnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan di swalayan. Disamping itu barcode juga banyak digunakan di bidang lain sebagai ID unik untuk memudahkan pengindentifikasian.
Sebenarnya kita juga bisa membuat barcode sendiri entah untuk mengkodekan nama kita, blog, atau lainnya. Pertama, kunjungi Web Online Barcode Generator disini. Kedua, masukan kata atau kalimat yang ingin diubah ke barcode dan kemudian save gambar dalam format jpeg atau png. Ketiga, print gambar tersebut dan tempelkan di buku atau pasang di blog ;)
membuat barcode
Bagaimana cara mendecode barcode?
Setelah bisa membuat barcode, tentu Anda akan bertanya bagaimana cara membaca barcode (menn-decode barcode). Untuk menterjemahkan barcode, Anda bisa menggunakan barcode decoder dari zxing. Cukup upload gambar barcode yang telah Anda buat tadi ke sini dan Anda bisa langsung tahu arti dari barcode tersebut.
hasil decode barcode
note :
  • untuk penterjemahan barcodenya hanya menggunakan gambar dari barcode generator, belum di coba dengan barcode yang ada di kemasan sebuah produk. Kalau ada yang telah mencobanya bisa sharing hasilnya di komentar.
  • cara ini cocok untuk membuat barkode pribadi bukan komersial (jumlah besar)
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Download 4shared Premium Gratis

http://bengkelweb.co.de/4shared/

Valid CSS!

LinuxHQ LinuxHQ
Free Automatic Backlink Religion (Islam) - TOP.ORG Religion blogs powered by PRBbutton Religion Blogs - Blog Rankings rantop.com Saung Link SEO-Supreme Professional search tools for free Get Freebl Religion Blogs